Rabu, 25 Juni 2008

Pemalas*

Seorang pemalas disuruh oleh temannya. “Pergilah ke pasar untuk membeli daging!” Si Pemalas menjawab, “Demi ALLAH, saya tidak bisa belanja.” Maka temannya yang menyuruh tadi pergi ke pasar dan membeli daging sendiri. Setelah itu dia minta tolong lagi, “Sekarang masaklah.” Tapi si Pemalas menjawab, “Saya tidak pandai masak.” Maka, terpaksa dia sendiri yang memasak. Setelah masak seluruh makanan, maka dia menyuruh si Pemalas lagi, “Sekarang rapikanlah meja dan hidangkan makanan.” Si Pemalas menjawab, “Aku takut nanti malah menumpahkan makanan dan mengotori pakaianku.” Terpaksa akhirnya dia sendiri yang merapikan dan menghidangkan makanan, kemudian berkata, “Sekarang makanlah.” Maka si Pemalas menjawab, “Saya malu terus-terusan menolak disuruh oleh kamu, maka sekarang terpaksa saya penuhi.”
Sumber: Tersenyumlah, Al-Qarni, GIP (*Dengan Sedikit Perubahan)