Rabu, 25 Juni 2008

Qadha puasa

Ada seorang yang yang datang kepada ahli fiqih untuk bertanya, “Saya pernah batal puasa satu hari pada bulan Ramadhan.” Ulama itu berkata, “Gantilah puasamu itu dengan puasa di luar Ramadhan.” Ia berkata, “Saya sudah menggantinya, tapi saat saya pulang ke rumah saya mendapati keluarga sya sedang makan makanan yang lezat, dan tiba-tiba tanpa saya sadari tangan saya bergerak untuk mengambilnya dan aku langsung memakannya.” Mendengar itu, sang ulama berkata, “Gantilah puasamu itu dengan puasa di hari yang lain.” Orang itu berkata, “Sudah pula saya ganti di hari lain, namun terjadi lagi seperti di waktu lalu, ketika melihat makanan lezat, maka tangan ku tanpa disadari tiba-tiba mengambil makanan dan aku langsung memakannya pula.” Mendengar penuturanya tersebut, sang ulama berkata, “Menurut saya bila engkau berpuasa, maka sebaiknya tanganmu diikatkan ke lehermu.